LBH KBR: Warga Teplan Adukan Penggusuran Paksa TNI AD ke DPRD Kota Bogor

Teplan - DPRD Kota Bogor - Yayasan Satu Keadilan

doc. LBH KBR

Bogor, 31 Agustus 2018, Sembilan warga Teplan didampingi kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Bogor Raya (LBH KBR) adukan kasus penggusuran paksa yang dilakukan oleh TNI AD ke DPRD Kota Bogor. Kedatangan warga dan LBH KBR diterima oleh Ketua Komisi I DPRD, Ahmad Aswandi dan Anggota DPRD Komisi I, Jatirun. Dalam audiensi tersebut warga menceritakan terkait kasus Teplan mulai dari bagaimana mereka menempati rumah puluhan tahun hingga pengosongan rumah yang diwarnai kekerasan. Warga meminta kepada DPRD Kota Bogor sebagai wakil rakyat untuk membantu memberikan keadilan serta memberikan rasa aman kepada warga.

Saya meminta atas nama warga agar keadilan ditegakkan, dan berikan perlindungan atas keselamatan warga mengingat adanya kekerasan sebelumnya,” ucap Andreas Gorisa Sembiring, perwakilan warga teplan.

LBH KBR menyampaikan bahwa TNI tidak memiliki wewenang untuk memutuskan nasib seseorang dengan melakukan pengosongan dengan main hakim sendiri, karena semuanya ada jalurnya yaitu jalur hukum.

Karena ini persengketaannya persengketaan hukum, maka harus diselesaikan melalui proses hukum. Yang bisa mengosongkan rumah itu adalah putusan pengadilan,” ujar Sugeng Teguh Santoso (STS), Pembela Umum LBH KBR.

LBH KBR juga menjelaskan bahwa warga memiliki PBB atas nama masing-masing warga. Dengan adanya PBB artinya warga sah menempati tanah itu. Selain itu masih ada 45 keluarga yang tinggal di Teplan, dan meminta agar tidak digusur.

Kami meminta kepada DPRD Kota Bogor untuk mendesak Korem dan berkomunikasi agar warga tenang juga tidak ada intimidasi apalagi main hakim sendiri,” pungkas STS.

Setelah mendengar aspirasi warga dan penjelasan LBH KBR, Komisi I DPRD Kota Bogor menyampaikan pihaknya akan memperjuangkan aspirasi warga Teplan secepatnya dengan mengirimkan surat audiensi kepada Korem 061 Suryakencana.

Pada prinsipnya kita DPRD menyambut baik dan akan kami fasilitasi. Tindak lanjutnya kami akan menyurati Korem untuk melakukan audiensi” tutup Ahmad Aswandi.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *